Luapan air pada saat hujan di lokasi-lokasi tertentu yang seharusnya tidak banjir biasanya terjadi karena adanya ketidak seimbangan antara air yang datang (air hujan) dengan pembuangan air yang ada yang biasanya berupa got. Yang sering terjadi adalah karena pintu airnya tertutup oleh sampah atau benda lainnya yang dapat menghalangi masuknya air. Pada saluran air atau got yang terbuka akan sangat mudah mengetahui penyebab banjir dan cara mengatasainya. Karena kondisi saluran air terlihat dengan jelas.


Berbeda dengan saluran air yang tertutup, sering terjadi pada saluran-saluran air yang ada di dalam perumahan yang memaksimalkan lahan saluran air yang juga diperuntukan sebagai jalan diatasnya dengan membuat saluran air dari Buis Beton, kemudian diatasnya dapat ditutup dengan paving blok atau aspal. Setiap beberapa meter diberikan lubah bak kontrol, untuk memonitor jika terjadi sumbatan maka cukup membersihkan dari bak kontrol saja.

Model saluran air ini sudah banyak digunakan di perumahan-perumahan di wilayah depok, karena saluran air tidak kelihatan dan jalan menjadi lebih lebar, lebih aman untuk anak-anak kecil bermain, karena tidak akan jatuh ke got atau saluran air. Akan tetapi saluran air seperti ini rawan terjadi luapan air jika hujan, hal ini sangat mungkin jika jumlah lobang-lobang tempat masuknya air dari jalan ke saluran air terlalu sedikit, atau sudah banyak lobang tetapi terlalu kecil, shingga mudah tersumbat oleh sampah, tanah atau pasir.
Untuk mengantisipasi luapan air pada saat hujan, maka sebaiknya tutup bak kontrol dibuat dari besi dengan kisi-kisi agak renggang sehigga tidak mudah tersumbat, dan aman untuk anak-anak bermain diatasnya.

1 comments
  1. Real Estate Trend Thu Sep 12, 11:41:00 PM 2013  

    this the 1st time to visit your blog, have a nice day. visit me back

Post a Comment

Jika Anda memerlukan informasi lebih detail, silahkan tinggalkan pesan, email anda dan nomor telpon yang bisa dihubungi. Team kami akan meresponse/menghubungi Anda secepatnya